Posted by: LadyGAN | 16 September 2011

Mengisi suara ILM Kementerian Pertanian RI

*hasil foto dari LCD TV studio

Senin, 12 September 2011 tampaknya menjadi hari yang menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan. Bukan karena mahasiswa baru FE UI mulai kuliah yang artinya saya mulai sibuk ‘melayani’ mahasiswa lagi ya.

Menyenangkan karena di hari itu saya berpartisipasi dalam Public Service Advertisement (PSA) atau Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Kementerian Pertanian RI. Tawaran dari teman ini langsung menjadi center of attention saya pagi itu.

Saya dapat tawaran begini…

“Gan, bisa ngisi voice over (VO) di iklan layanan masyarakat ga? Perlu rapper yang bisa nyanyi-nyanyi dikit.”

“Boleh boleh. Ngerap kan?”

“Iya, ngerap. Ada nyanyinya dikit.”

“Oke. Ngerap nyanyi dikit. Yah, maklum suaraku kan kalau nyanyi standar jeleknya,” ujar saya sambil mengantisipasi adanya kekecewaan klien. :)

Di studio Ulet Bulu, saya disambut oleh Music Director (MD) dan video editor. Saat melihat rancangan konsep iklan, tiba-tiba ada kejutan untuk saya.

Tidak ada rap di iklan itu. Di sepanjang iklan hanya ada vokal nyanyian yang terdengar seperti sinden sunda. Wajar saja karena Kementerian Pertanian mengangkat konsep orang-orang Sunda yang sedang panen buah dan mengekspor produknya ke dalam dan luar negeri.

Saya mengisi suara Yulia Rachman (itu lho.. istrinya Demian Sang Illusionis) yang berperan sebagai pemeran utama iklan tersebut. Dalam hati saya, “asik. Dapet ilmu dubbing.”

Seketika saya berdoa, “ya Tuhan, semoga setan fals yang ada di pita suaraku lagi cuti hari ini. Amin.”

Alhasil saya pun (harus) menyanyi. Berbekal pengalaman jingle iklan susu ‘ZEE’ yang tayang di TV dan radio, saya coba menyanyi. Untung MD nya tidak merasakan ‘kejanggalan’ pada pita suara saya. Dia bilang aman dan ga fals. Oyaaaaaaaaa? Cukup menghibur.

Penggalan sebagian liriknya: “Salak Bali Salak Pondoh disanding buah duren. Jangan salah kalau beli buah lokal. Dijamin kereeeeeeeenn.” Asik, saya jadi duta salak dan teman-temannya.

Muka Yulia Rachman, suara Lady GAN. Maafkan saya, Mbak Yulia.

Di situ saya juga harus menyesuaikan artikulasi dengan ekspresi muka Yulia Rachman yang bernyanyi sambil tersenyum lebar. Senyumannya ‘menggoda pengen ditampar’ kalau boleh saya bilang. MD nya pun minta saya bernyanyi ala sinden Sunda dengan karakter centil nan menggairahkan. Baiklah, rasanya pengalaman membuat lagu goda-menggoda bersama Fu Clan cukup membantu saya. No problem, Sir. :)

3 jam berlalu, saatnya menyaksikan ILM yang sudah diisi suara rapper sok-sok an nyanyi. Hanya satu kalimat yang terlintas di otak, “oh, ini hasil melodyne* kali ya.” HAHAHA. Ampun, ketawa aja lu fals, Gan. :)

*Software yang digunakan untuk memperbaiki nada-nada fals dan menyesuaikan range vokal dengan musik yang mengiringinya.

Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

