Posted by: LadyGAN | 14 April 2012

Cintaku pada Hip Hop

Kenapa saya nulis tentang ini? Come on, sama seperti saat kita jatuh cinta, rasanya seneng ngomongin orang atau sesuatu yang kita cintai kaaan.πŸ™‚

Ada yang bertanya sejak kapan saya cinta Hip Hop.

I love hip hop since i was 13 years old. Setidaknya itu usia saat saya tahu elemen-elemen dalam hip hop dan baru sadar “Oh, ternyata selama ini saya suka musik rap yang menjadi bagian dari hip hop culture. Baiklah”.

Waktu itu hanya sekedar tahu bahwa “Oh, hip hop itu ada 4 elemen (saat itu).”

Itu dulu…

Bagi saya sekarang…….. Hip hop lebih dari sekedar seni. Lebih dari elemen-elemen yang ada dalam Hip Hop.

Tuhan (pencipta) memang Maha Mengetahui apa yang dibutuhkan kita, manusia (ciptaanNya). Saat saya perlu seseorang untuk diajak berkomunikasi tentang permasalahan hidup, saat itu muncullah hip hop. Ia bagaikan seseorang yang sedang berbicara kepada saya, tentang banyak hal.

Yup, and when someone is talking to me, I try to LISTEN to that person, not just hear their voice.

We have a lot of things we can learn in our life.

Kalau ada yang bilang hip hop termasuk dalam ayat-ayat kehidupan sehari-hari kita yang bisa kita ‘baca’ dan ‘amalkan’, yes, it is.πŸ™‚

Saat saya mendengarkan musik hip hop, saya tidak hanya mendengarkannya, tapi saya juga memperhatikannya. Menelaah setiap lirik dan ‘menikmati’ alunan musik. Perangkat suara instrumennya pun mengiringi pikiran saya menari-nari di lantai dansa bertajuk Hip Hop.

I love hip hop . I need hip hop.

Saya (atau kami) butuh ‘seseorang’ (baca: hip hop) yang bisa diajak sharing tentang banyak hal, banyak tema, dan menjadi media kita dalam berkomunikasi dengan banyak orang. As a human being, bersosialisasi menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia bukan?

Seringkali saya sudah merasa terwakili oleh beberapa kalimat dalam lirik lagu rapper-rapper yang saya ‘kagumi’ itu. They speak my mind. Bahkan mereka mampu mengemukakan apa yang baru terlintas di pikiran saya menjadi suatu pemikiran utuh.

Ibaratnya, saya baru bisa mikir dari A sampai E tentang suatu issue atau fenomena. Lalu para aktivis rap yang saya dengarkan lagunya itu ‘membangun’ pikiran saya menjadi A sampai M.

Lirik-lirik mereka (atau kami) adalah sesuatu yang bisa diperhatikan. Dan semakin sering saya mendapat ‘nasihat’ dan pembelajaran dari musik hip hop, cinta saya semakin kuat. Tanpa #eaaaa ….πŸ™‚

Misalnya, di lagu ‘Struggling Everyday‘, saya coba delivery message tentang bagaimana orang-orang di sekitar saya berjuang dalam keseharian mereka. Bagaimana kesuksesan itu hak setiap orang.

For me, hip hop music is a music of people who struggle, in many various ways.

Now I can say that hip hop could open someone’s eyes to minority issues that they were completely blind to.

Sometimes i’m blind too, dan seringkali alunan lirik lagu hip hop ‘menyelamatkan’ saya. Apakah kalian juga mengalami hal yang sama? *tossπŸ™‚

Ada yang spesial lagi tentang rasa cinta ini. Sebagai sesuatu yang kita cintai, hip hop bisa menjadi pintu kita untuk cinta pada hal lain. Dia gak posesif, kawan. hehe

Contohnya lewat hip hop kita bisa semakin cinta dan bangga dengan daerah tempat tinggal kita. Kita bisa bangga mengumumkan kita berasal dari kota mana, clan mana, komunitas mana, dan tentang apapun yang kita cintai, kita bangga mengekspresikannya via hip hop. RASA CINTA INI KEREN..!!

Such a beautiful gift for me.

Thank you, Lord. I love you more, Lord.

-another words from Lady GAN-


Responses

  1. dulu ada reffrain dari grup hiphop Jahanam kalo ndak salah, bunyinya “hip-hop” belum mati.
    saya juga terinfluence hiphop sejak SMA hingga sekarang ini, saat SMA dulu bahkan pernah bikin band hiphop dan saya berada di belakang mic.

    ya, hip hop belum mati!

  2. bunyi reffrainnya begini: “Dari neraka busuk Jahanam berteriak Hip Hop belum mati” … Yeay!! keep it real.. We love hip hop..

  3. Nama band ma judul nya apa tuh ?? Yg nyanyiin “hip-hop belum mati” dulu sering denger soal nyaπŸ˜€


Leave a Reply

Categories

